Tuesday, 7 May 2013

Reklame




A. Pengertian Reklame
Reklame berasal dari bahasa Spanyol, yaitu reclamo yang berarti : re = kembali atau berulang-ulang dan clamo = berteriak atau seruan. Jadi reklame adalah seruan yang datangnya berulang-ulang yang ditujukan pada masyarakat tentang suatu produk atau hasil supaya berhasil.

Perwujudan reklame diarahkan kepada pengenalan produk atau barang secara tepat, sehingga memikat orang untuk membeli produk atau barang tersebut. Dalam penyajian reklame dibutuhkan penyajian tata rupa dan bahasa yang menarik, sederhana, menyolok baik melalui gambar (ilustrasi) maupun huruf tipografi. Penggunaan bahasa yang popular, aktual, sederhana, mudah diingat, berbobot pujian, dan mempesona akan menjadi faktor penggerak seseorang membeli barang yang direklamekan.

B. Macam-Macam Reklame
Berdasarkan cara atau metode penyampaiannya, reklame dapat dibedakan menjadi :

1.Reklame Visual

Reklame Visual adalah reklame yang menitikberatkan  kepada apa yang dilihat. Reklame dengan gambar sering dijumpai pada papan-papan reklame yang terdapat di sekitar pasar-pasar, stasiun KA, terminal bus, dan di tepi jalan-jalan raya. Adapun bentuk-bentuk reklame visual antara lain :
  • Embalase, ialah reklame visual berupa kemasan tentang suatu produk, sehingga selain berfungsi sebagai pembungkus juga sekaligus berfungsi sebagai penarik minat konsumen untuk membeli
  • Mobile, ialah reklame visual yang digantungkan
  • Selebaran, ialah reklame visual yang ditebarkan oleh petugas khusus dijalan
  • Buklet, ialah reklame visual yang dibuat seperti buku yang terdiri dari 2(dua) lembar atau lebih serta memiliki keterangan  yang lengkap
  • Spanduk, ialah reklame gambar atau tulisan yang biasanya dibuat pada selembar kain yang dibentangkan dipinggir jalan, di depan toko dan sebagainya
  • Iklan, ialah tulisan atau gambar yang dimuat pada media cetak

2. Reklame Audio

Reklame Audio adalah reklame yang menggunakan suara sebagai media penarik konsumen untuk membeli suatu produk yang ditawarkan. Contohnya : reklame dan iklan yang ditawarkan melalui radio.

3.  Reklame Audio-Visual (Suara dan Gambar)

Reklame audio visual ialah reklame yang memadukan antara apa yang dilihat dan apa yang didengar tentang suatu produk. Contoh : reklame dan iklan yang ditawarkan melalui TV, Film dan lain-lain.

C. Reklame Komersil dan Non Komersil
Berdasarkan sifatnya, reklame dapat dibedakan menjadi :

1. Reklame Komersil, ialah reklame yang menuntut keuntungan yang sebesar-besarnya dengan menarik konsumen dengan sebanyak-banyaknya.

2. Reklame Non Komersil, ialah reklame yang bukan mencari keuntungan yang sebesar-besarnya, tetapi bersifat sosial yang memberikan perubahan sikap atau perilaku. Reklame Non Komersial biasanya bertujuan untuk membantu program pemerintah atau masyarakat, seperti : Reklame keluarga berencana, kebersihan lingkungan, gerakan anti narkoba dan lain sebagainya.

REKLAME BERFUNGSI SEBAGAI ALAT PROPAGANDA UNTUK MENAWARKAN HASIL PRODUKSI YANG DIPERDAGANGKAN

No comments :

Post a Comment